IMPLIKASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI 164519 KOTA TEBING TINGGI

Nur hayati

Abstract


Dunia pendidikan adalah dunia yang mana didalamnya mengajarkan banyak ilmu pengetahuan yang mampu membuat individu menjadi makhluk yang kompleks. Sehingga dapat menjadi manusia yang dapat bermanfaat dalam kehidupan dimasa yang akan datang. Namun dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang semakin canggih membuat beberapa perubahan dalam pelaksanaannya. Yaitu baik dari strategi, teknik dan juga media serta bahan ajar yang digunakan dalam memberikan materi dalam pendidikan itu sendiri. Dalam masa sekarang ini, dimana kita sedang dituntut sebagai seorang pendidik untuk memberikan materi ajar dengan jarak jauh (Daring) yang diakibatkan adanya wabah Covid-19. Dalam masa ini kita sebagai seorang pendidik wajib memiliki pengetahuan mengenai Teknologi untuk dapat mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Dalam masa ini, guru tidak hanya dituntut untuk pintar dalam bidang dan menguasai materi, tetapi lebih dituntut untuk mampu menyajikan materi itu menjadi lebih menyenangkan dan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik, meskipun melalui pembelajaran jarak jauh. Namun semua itu tidak dapat dilakukan dengan mudah, banyak hal yang harus di persiapkan baik oleh pihak pendidik maupun siswa. Salah satunya adalah fasilitas yang digunakan harus memadai sehingga apa yang akan diharapkan dan menjadi tujuan dapat terealisasikan. Pada nyatanya dilapangan kita temui banyak sekali kendala mengenai pembelajaran Daring, yang mana salah satunya adalah fasilitas yang tidak memadai sampai kemampuan Sumber Daya Manusianya yang masih minim dalam mengoperasikan alat teknologi itu sendiri. Hal ini biasanya terjadi kepada tingkat pendidikan Sekolah Dasar yang mana kegiatan Daring ini menjadi sangat tidak efektif. Sehingga pembelajaran yang disampaikan tidak dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang disampaikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.