IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH PADA MATERI CAHAYA

Tariza Fairuz

Abstract


Setiap mahasiswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam memahami konsep, khususnya konsep sains. Konsep yang tidak sesuai dengan pengertian yang dimiliki para ahli dalam bidangnya atau pengertian ilmiah disebut salah konsep atau miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi dan tingkat pemahaman mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah pada materi cahaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap 38 orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah IPA 2. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes diagnostik 3 tingkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami pemahaman penuh dengan kategori sedang, pemahaman sebagian dengan kategori sedang, miskonsepsi dengan kategori rendah, dan tidak paham dengan kategori rendah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.