PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA

Sukma Lestari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang dalam mengajar masih menggunakan metode lama. Terutama pada pembelajaran IPA umumnya guru hanya mengajarkan tanpa melakukan sebuah percobaan. Model pembelajaran inkuiri saintifik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri saintifik pada kelas eksperimen dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar IPA siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Harum Sari. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri saintifik pada kelas eksperimen dan terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelas eksperimen dan kelas control.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.